Selasa, 27 April 2010

Langkah-Langkah Merencanakan Perkerasan Jalan Raya

Langkah-Langkah Merencanakan Perkerasan Jalan Raya
Tanah dasar (Subgrade) adalah bagian yang akan mendukung tebal perkerasan. Subgrade terletak pada seluruh lebar jalan, sehingga dapat berada pada daerah galian, timbunan, dan permukaan tanah. Bahan untuk subgrade diambil dari tanah setempat. Kecuali kondisinya jelek (CBR < 2%), maka perlu perbaikan tanah.
1) Memperbaiki mutu pada lapisan subgrade dapat dengan cara:
• Stabilisasi kimia
• Stabilisasi mekanis, yaitu dengan cara:
a. Memadatkan tanah dasar.
b. Mencampur dengan bahan yang lebih baik.
• Menimbun muka tanah asli denga bahan timbunan yang lebih baik. (CBR yang lebih tinggi.
2) Memperbaiki mutu pada lapisan base course dan subbase course dapat dengan cara:
• Menggunakan material yang lebih baik
• Mempertebal lapisan base course ataupun subbase course.
3) dengan cara modern dengan menambah lapisan penguat tipis antara tanah dasar (subgrade) dan base course ataupun subbase dengan geotextile, geogrid, atau tensar, dll.
Geotextiles dan produk terkait telah banyak aplikasi dan saat ini mendukung banyak aplikasi teknik sipil termasuk jalan, lapangan terbang, kereta api, tanggul, mempertahankan struktur, waduk, kanal, bendungan, bank perlindungan, pesisir rekayasa dan konstruksi situs lumpur pagar. Geotextiles biasanya ditempatkan pada permukaan ketegangan untuk memperkuat tanah. Geotextiles dapat meningkatkan kekuatan tanah dengan biaya lebih rendah daripada konvensional memaku tanah. Di samping itu, penanaman pada geotextiles memungkinkan lereng curam, lebih mengamankan lereng.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar